Jamu Empoli, Napoli Pesta Lima Gol

Napoli memetik kemenangan telak di pekan ke-11 Serie A Italia. Bertindak sebagai tuan rumah, Partenopei yang menjamu Empoli di Stadion San Paolo, Jumat, 2 November 2018 waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB, menang dengan skor 5-1.

Lima gol tuan rumah masing-masing disumbangkan oleh Dries Mertens, Lorenzo Insigne, dan Arkadiusz Milik. Pemain yang disebutkan pertama mencetak hattrick alias tiga gol masing-masing di menit ke-38, 64, dan 90+3. Sementara Insigne membuka keunggulan Napoli di menit kesembilan. Milik menyempurnakan kemenangan tuan rumah dengan golnya di menit ke-90. Sementara itu satu-satunya gol tim tamu dicetak oleh Francesco Caputo di menit ke-58.

Kemenangan ini mengantar Napoli ke peringkat kedua klasemen sementara. Napoli menggeser Inter Milan yang sebelumnya berada di urutan kedua, di belakang Juventus. Dengan perolehan 25 poin, Napoli hanya berjarak tiga poin dari Juventus di puncak klasemen, dan unggul tiga poin dari Inter Milan yang melorot ke urutan ketiga. Namun demikian baik Juventus maupun Inter Milan belum memainkan pertandingan ke-11.

Kekalahan ini membuat Empoli makin terbenam di papan bawah. Tim tersebut berada di urutan ke-18, atau dua strip di depan tim peringkat buncit. Empoli baru mengemas 6 poin dari 11 pertandingan, hanya berjarak satu poin dari Frosinone di peringkat ke-19. Namun Frosinone berpeluang menggeser peringkat Empoli karena belum bertanding di pekan ke-11.

Selain mengantar timnya ke urutan kedua, kontribusi tiga gol di pertandingan ini membuat Mertens menorehkan catatan tersendiri dalam lembaran sejarah klub. Tambahan tiga poin menempatkannya di peringkat keenam dalam daftar pencetak gol terbanyak klub di semua kompetisi. Mertens kini sudah mengemas total 98 gol di semua ajang. Selain itu ia menempati peringkat keenam pencetal gol terbanyak Napoli di pentas Serie A dengan raihan total 73 gol.

Napoli langsung menekan sejak awal. Tuan rumah yang menurunkan formasi terbaik langsung memberi tekanan sejak awal. Sementara tim tamu berusaha menghindarkan gawangnya dari kebobolan lebih dini dengan menerapkan pertahanan berlapis.

Namun demikian tuan rumah hanya butuh sembilan menit untuk membuka keran gol. Sepakan kaki kiri Insigne dari dalam kotak penalti tak mampu diantisipasi Ivan Provedel yang berada di bawah mistar gawang Empoli.

Gol tersebut menyemangati Napoli utuk terus mencetak gol. Sebelum kedua tim ke ruang ganti, Napoli mampu menambah satu gol. Di awal babak kedua Empoli sempat memperkecil ketertinggalan saat kedudukan 1-3. Francesco Caputo mampu memperdaya Orestis Karnezis untuk membuat kedudukan menjadi 2-3. Namun Napoli mampu menambah dua gol lagi sebelum wasit Luca Pairetto meniup peluit panjang.

Susunan Pemain Napoli versus Empoli:

Napoli (4-4-2): 27-Orestis Karnezis; 19-Nikola Maksimovic, 26-Kalidou Koulibaly, 2-Kevin Malcuit, 23-Elseid Hysaj; 20-Piotr Zielinski (99-Arkadiusz Milik 83′), 30-Marko Rog (5-Allan 63′), 8-Fabian Ruiz (7-Jose Callejon 63′), 42-Amadou Diawara; 14-Dries Mertens, 24-Lorenzo Insigne

Pelatih: Carlo Ancelotti

Empoli (4-3-2-1): 1-Ivan Provedel; 26-Matias Silvestre, 13-Luca Antonelli, 22-Domenico Maietta, 2-Giovanni Di Lorenzo; 18-Afriyie Acquah (6-Miha Zajc 67′), 10-Ismael Bennacer, 8-Hamed Traore; 48-Salih Ucan (20-Antonino La Gumina 79′), 33-Rade Krunic (23-Manuel Pasqual 68′); 11-Francesco Caputo

Pelatih: Aurelio Andreazzoli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *