Man United Takluk dari Crystal Palace di Liga Inggris

Manchester United harus menelan pil pahit di pekan ketiga Liga Primer Inggris. Tampil di kandang sendiri di Stadion Old Trafford, The Red Devils dipermalukan tamunya Crystal Palace. Pada pertandingan yang digelar Sabtu, 24 Agustus 2019 itu, United kalah dengan skor 1-2.

Sepasang gol kemenangan tuan rumah dicetak oleh Jordan Ayew di menit ke-32 dan Patrick van Aanholt di menit ke-90+3. Sementara itu gol semata wayang tuan rumah dicetak oleh Daniel James di menit ke-89.

Bagi Setan Merah kekalahan ini sungguh menyakitkan. Tim besutan pelatih Ole Gunnar Solskjaer itu gagal memanfaatkan laga kandang untuk mendulang poin sempurna. United pun gagal menambah perolehan poin yang kini tertahan di angka empat dari tiga pertandingan. United tertinggal satu poin dari Tottenham Hotspur di posisi kelima dan lima poin dari Liverpool di posisi puncak.

Sementara itu tambahan tiga poin membuat perolehan poin Crystal Palace kini menjadi empat dari tiga laga yang telah dijalani. Palace kini menempati urutan ke-10, kalah selisih gol dari Manchester United di posisi ketujuh.

United sebenarnya tidak bermain buruk di laga ini. Dengan formasi terbaik yang diturunkan Solksjaer, United mampu menciptakan sejumlah peluang sejak awal pertandingan. Tim tamu sukses membuka keunggulan di pertengahan babak pertama. Jordan Ayew sukses memperdaya David De Gea untuk membawa Palace unggul.

Gol ini sebenarnya tidak lepas dari kegagalan pemain belakang United, Victor Lindelof dalam duel udara dengan Jeffrey Schlupp. Bola kemudian mengarah ke Ayew yang berada dalam posisi tak terkawal sehingga dengan mudah mengoyak gawang tuan rumah.

United sempat mendapat kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan setelah wasit menghadiahi tendangan penalti di menit ke-68. Namun kesempatan emas tersebut gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Marcus Rashford. Tendangan pemain internasional Inggris itu hanya membentur gawang  Crystal Palace.

United baru bisa menyamakan kedudukan jelang waktu normal berakhir. Daniel James melepaskan tendangan terukur yang mampu mengoyak gawang tim tamu. Hasil imbang di depan mata akhirnya buyar jelang bubaran. Tim tamu berhasil mencuri gol sebelum wasit meniup peluit panjang tanda laga usai.

Pelatih United mengaku hasil ini diluar digaan dan mereka sulit menerima hasil tersebut. Solskjaer mengakui timnya bermain buruk terutama di babak pertama.

“Ya tentu saja (hasil yang sulit diterima). Pada paruh pertama kami bermain buruk. Dalam setengah jam pertama Anda merasa mengendalikan laga dan mungkin sepertinya terlalu mudah. Kami benar-benar tidak memiliki semangat dan urgensi tentang diri sendiri, dan mereka mencetak gol dengan peluang pertama,” beber Solskjaer.

Lebih lanjut pemain internasional Norwegia itu mengatakan gol yang diciptakan tim tamu seharusnya tidak terjadi bila mereka mampu mengantisipasi dengan baik.

“Hanya (gol dari) tendangan jarak jauh, itu seharusnya tidak pernah terjadi, itu adalah pertahanan yang buruk. Tetapi pada babak kedua, saya menilai kami sangat baik,” sambungnya.

Susunan pemain Manchester United versus Crystal Palace:

Manchester United: 1-David de Gea; 2-Victor Lindelof, 5-Harry Maguire, 29-Aaron Wan-Bissaka, 23-Luke Shaw; 6-Paul Pogba, 39-Scott McTominay; 10-Marcus Rashford, 14-Jesse Lingard, 21-Daniel James; 9-Anthony Martial

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Crystal Palace: 31-Guaita; 2-Joel Ward, 34-Martin Kelly, 24-Gary Cahill, 3-Patrick van Aanholt; 11-Wilfried Zaha, 18-James McArthur, 4-Luka Milivojevic, 8-Cheikhou Kouyate, 15-Jeffrey Schulpp; 9-Jordan Ayew

Pelatih: Roy Hodgson

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *