Tekuk Muenchen, Dortmund Juara Piala Super Jerman

Borussia Dortmund keluar sebagai juara Piala Super Jerman 2019. Hal ini dipastikan usai menekuk Bayern Muenchen di pertandingan yang digelar di Stadion Signal Iduna Park pada Sabtu, 3 Agustus 2019 waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Piala Super Jerman merupakan pertemuan antara juara Bundesliga Jerman dan DFB Pokal. Muenchen berstatus juara liga, sementara Dortmund adalah pemenang DFB Pokal musim lalu.

Pada pertandingan kali ini Dortmund mencukur Muenchen dua gol tanpa balas. Sepasang gol Dortmund disumbangkan oleh Paco Alcacer di menit ke-48 dan Jadon Sancho di menit ke-69.  Pemain yang disebutkan kedua tampil gemilang dengan memborong satu gol dan satu assist.

Sanco merupakan pemain timnas Inggris yang tampil gemilang di laga tersebut. Pergerakannya sungguh merepotkan lini pertahanan Muenchen. Gol Sancho terjadi melalui aksi solo rundari sisi kiri pertahanan Muenchen sebelum menaklukkan kiper senior Jerman, Manuel Neuer.

Begitu juga gol pertama, Sancho menunjukkan kemampuan olah bola yang mumpuni. Diawali penetrasi dan akselerasi melewati beberapa pemain Muenchen, Sancho kemudian melepaskan umpan terukur yang berhasil dituntaskan oleh Alcacer.

Pesona Sancho di laga ini diakui rekan setim Axel Witsel. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu mengakui Sancho membuat lini pertahanan Muenchen ketar-ketir.

“Jadon sungguh berbakat. Bahkan bek Bayern ketakutan saat dia menguasai bola. Tetapi ini normal karena Jadon memang berkualitas. Faktanya, dia punya teknik tinggi dan punya kemampuan mencetak gol. Dia pemain lengkap,” tandas Witsel.

Kemenangan ini diakui Witsel sebagai isyarat bagus bagi timnya untuk mengarungi musim baru. Musim baru Bundesliga Jerman akan dimulai pada 16 Agustus mendatang. Muenchen akan menjamu Hertha Berlin, sementara Dortmund menghadai Augsburg.

’’Ini musim yang panjang, bahkan belum dimulai. Dan Bayern tetaplah Bayern. Tapi, DFL-Supercup adalah pertanda baik,’’ tegas Witsel.

Sementara itu pelatih Muenchen, Niko Kovas mengakui timnya melakukan beberapa kesalahan di laga itu. Sekalipun menguasai jalannya laga, kesalahan demi kesalaha nyang dibuat akhirnya dibayar mahal dengan kekalahan.

’’Kami dominan, tapi membuat dua kesalahan yang berhasil dimanfaatkan Dortmund. Saya tidak kecewa meski itu (laga kemarin, Red) bukan performa yang bagus,’’ tegas Kovac.

Susunan pemain Borussia Dortmund versus Bayern Muenchen :

Borussia Dortmund (4-2-3-1): 35-Marwin Hitz, 26-Lukasz Piszczek, 16-Manuel Akanji, 36-Omer Toprak, 13-Raphael Guerreiro, 28-Axel Witsel, 33-Julian Weigl, 7-Jadon Sancho, 11-Marco Reus, 14-Nico Schulz, 9-Paco Alcacer.

Pelatih : Lucien Favre

Bayern Muenchen (4-3-3): 1-Manuel Neuer, 32-Joshua Kimmich, 4-Niklas Sule, 17-Jerome Boateng, 27-David Alaba, 18-Leon Goretzka, 24-Corentin Tolisso, 6-Thiago Alcantara, 25-Thomas Muller, 29-Kingsley Coman, 9-Robert Lewandowski.

Pelatih : Niko Kovac

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *