Demi Gelar La Liga, Valverde Enggan Istirahatkan Messi

Saat ini Barcelona berstatus pemuncak klasemen sementara La Liga. Mereka kini mengemas total 69 poin dengan keunggulan 10 poin dari Atletico Madrid di posisi kedua dan unggul 12 angka dari Real Madrid di tempat ketiga. Barcelona pun hanya membutuhkan enam kemenangan lagi  dari sembilan laga tersisa untuk memastikan trofi La Liga berlabuh di Stadion Camp Nou.

Demi target ini, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde akan selalu menurunkan para pemain terbaik di sisa musim ini. Tak terkecuali sang kapten, Lionel Messi. Menurut pelatih asal Spanyol itu tidak ada waktu istirahat bagi Messi hingga akhir musim. Menurutnya bukan waktu yang pas untuk mengistirahatkan pemain internasional Argentina itu di saat mereka membutuhkan enam kemenangan lagi menuju podium juara.

“Tidak ada waktu yang tepat untuk merotasi pemain seperti Leo,” beber Valverde.

Selain La Liga, Barcelona juga berbagi perhatian di pentas Liga Champions Eropa. Mereka akan menghadapi Manchester United di babak perempat final. Meski begitu Valverde tetap optimis untuk selalu menampilkan formasi terbaik di setiap laga.

“Banyak orang mengalihkan perhatian mereka ke Liga Champions, kemudian kami punya laga penting lawan Atletico sebelum itu. Kami mengambil semua laga dengan sangat serius, jadi kita lihat saja besok,” sambungnya.

Perjalanan menuju gelar juara La Liga akan berlanjut pada tengah pekan ini. Messi dan kawan-kawan akan melakoni laga tandang ke markas Villarreal. Valverde pun menargetkan kemenangan di laga ini.

“Besok [lawan Villarreal] adalah pertandingan ideal untuk menang. Saya tidak pernah membiarkan diri sendiri lupa bahwa rival menunggu kami terpeleset dan memberikan harapan mereka mengejar kami. Kami tak bisa memberikan peluang itu,” sambungnya.

Valverde menyadari tidak mudah bagi mereka untuk meraih banyak gelar musim ini. Mereka harus bersaing dengan lawan-lawan berat di berbagai kompetisi. Di pentas La Liga, Atletico dan Real Madrid masih berpeluang mengejar perolehan poin Barcelona. Dalam situasi seperti ini, bagi Valverde, kemenangan adalah harga mati.

“Saya tahu rival-rival kami berharap kami kehilangan poin sehingga mereka akan punya harapan mengejar kami. Masih ada kesempatan untuk mereka, karena itulah kami harus menang,” tandsa Valverde.

Terkait pemilihan pemain, Valverde mengakui Barcelona memiliki banyak pilihan. Meski begitu ada pemain-pemain tertentu yang mendapat menit bermain lebih dan selalu tampil reguler. Menurutnya situasi seperti ini mudah ditemui di klub manapun.

“Semua pemain berguna, tapi ini musim yang panjang dan masing-masing mereka punya kesempatannya sendiri. Tentu saja, beberapa dapat kesempatan main lebih banyak, sebagaimana juga terjadi di tim-tim lain,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *