Kalah di Kandang Porto, Roma Gagal Lolos ke Delapan Besar Liga Champions

AS Roma berbicara banyak di pentas Liga Champions Eropa musim ini harus terhenti di babak 16 besar. Hal ini dipastikan setelah mereka takluk di leg kedua babak 16 besar. Kali ini Serigala Roma harus bermain di kandang FC Porto di Stadion Do Dragago. Pada pertandingan yang digelar Rabu, 6 Maret 2019 waktu setempat atau Kami dini hari WIB itu, tuan rumah sukses memetik kemenangan dengan skor 3-1.

Tiga gol tuan rumah dicetak oleh Tiquinho di menit ke-26, Moussa Marega di menit ke-52, dan sepakan penalti Alex Telles di menit ke-117. Sementara itu satu-satunya gol tim tamu dicetak oleh Daniele De Rossi dari titik putih di menit ke-37.

Kekalahan ini membuat Roma secara keseluruhan kalah dengan skor 4-3 meski di leg pertama berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1. Porto pun berhak lolos ke babak delapan besar dan menanti hasil undian untuk lawan yang akan dihadapi untuk memperebutkan tiket semi final.

Menyadari masih ada peluang lolos, Porto pun tampil menyerang sejak menit awal. Bermain di hadapan pendukung sendiri membuat mereka bermain lebih percaya diri. Publik tuan rumah harus menunggu selama 26 menit untuk gol pertama yang dicetak oleh Tiquinho. Sepakan pemain tersebut berhasil menggetarkan gawang tim tamu.

Gol tersebut membuat para pendukung tuan rumah bersorak. Namun di menit ke-37, Roma berhasil menyamakan kedudukan. Pelanggaran yang dilakukan di kotak terlarang berujung hadiah penalti. Tampil sebagai eksekutor De Rossi sukses menjalankan tugasnya. Skor imbang 1-1 bertahan hingga kedua tim ke ruang ganti.

Di babak kedua, Porto semakin meningkatkan intensitas serangan. Menit ke-52, Marega sukses membuat Porto unggul setelah mengkonversi umpan terukur rekan setim. Kedua tim tidak lagi mencetak gol hingga waktu normal berakhir. Situasi ini membuat skor agregat kedua tim imbang. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan. Hadiah penalti yang diterima tuan rumah di penghujung laga akhirnya menjadi pembeda. Telles yang tampil sebagai algojo tak membuang kesempatan untuk memastikan kemenangan timnya.

Usai pertandingan kubu Roma tak kuasa menahan kekecewaan. Sebagaimana dikatakan De Rossi, timnya tersisih dari Liga Champions musim ini dengan cara memalukan.

“Ini adalah cara yang memalukan untuk tersingkir, tetapi sejujurnya kami harus menerima hal itu. Kami adalah tim yang terkadang tinggi dan rendah. Itu bukanlah penampilan yang sempurna, tetapi kami melihat tim yang bersatu,” beber pemain asal Italia tersebut.

Susunan pemain FC Porto versus AS Roma:

FC Porto (4-4-2): 1- Iker Casillas; 3-Eder Militao (2-Maxi Pereira 103′), 33-Pepe, 28-Felipe, 13-Alex Telles; 17- Jesus Corona (8-Yacine Brahimi 69′), 16- Hector Herrera, 22-Danilo Ferreira, 25- Otavio (7-Hernani Fortes 94′); 11-Moussa Marega, 29 Tiquinho (37-Andrade dos Santos 78′)

Pelatih: Sergio Conceicao

AS Roma (3-4-3): 1-Robin Olsen; 5-Juan Jesus, 44-Kostas Manolas, 15- Ivan Marcano (4-Bryan Cristante 76′); 2-Rick Karsdorp (24-Alessandro Florenzi 55′), 42-Steven N’Zonzi, 16-Daniele De Rossi (7-Lorenzo Pellegrini, 45+3′) (14-Patrik Schick 96′), 11-Aleksandar Kolarov; 22 Nicolo Zaniolo, 9-Edin Dzeko, 8- Diego Perotti

Pelatih: Eusebio Di Francesco

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *