Sempat Tertinggal, Thailand Akhirnya Tahan Imbang Irak di Piala Asia U-19

Tim nasional Thailand terhindar dari kekalahan di laga perdana penyisihan Grup B Piala Asia U-19 2018. Sempat tertinggal dua gol, Thailand akhirnya mampu memaksa pertandingan kontra Irak berakhir imbang. Pertandingan yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jumat, 19 Oktober 2018 itu berakhir dengan skor 3-3.

Tiga gol Thailand masing-masing dicetak oleh Kritsada Kaman pada menit ke-26, Korawich Tasa di menit ke-87 dan Suphanat Mueanta di menit ke-90+4. Sementara itu tiga gol Irak disumbangkan oleh Moamel Abdulridha di menit ke-37, Wakaa Ramadhan di menit ke-42 dan Hasan Abdulkareem di menit ke-66.

Kedua tim menurunkan formasi terbaik di pertandingan ini. Serangan demi serangan langsung dibangun kedua tim sejak menit pertama. Secara keseuruhan Thailand mampu menguasai pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 70 persen. Selain itu Thailand juga memiliki lebih banyak peluang yakni 24 peluang dengan 10 di antaranya menganai sasaran.

Sementara itu Irak yang berada di bawah tekanan Thailand memiliki peluang tidak sedikit. Dari total 17 peluang yang dimiliki enam di antaranya mengenai target.

Thailand berhasil mencuri gol lebih dulu melalalui Kritsada Kaman saat pertandingan menginjak menitke-26. Namun keunggulan Negeri Gajah Putih hanya mampu bertahan 11 menit. Menit ke-37 Abdulridha berhasil mengoyak gawang Thailand yang dijaga Nopphon Lakhonphon. Sebelum turun minum Nopphon Lakhonphon kembali memungut bola dari dalam gawangnya setelah lestan Wakaa Ramadhan berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Dalam kedudukan tertinggal Thailand berusaha mengejar ketertinggalan. Alih-alih mencetak gol, gawang Nopphon Lakhonphon kembali bobol untuk ketiga kalinya. Giliran Abdulkareem yang mengoyak gawang Thailand untuk membawa timnya makin menjauh.

Dalam keadaan tertinggal, para pemain Thailand semakin meningkatkan intensitas serangan. Perjuangan demi perjuangan baru berbuah manis jelang bubaran. Dua gol yang tercipta masing-masing di menit ke-87 dan menit keempat waktu tambahan jelang bubaran akhirnya menyelamatkan Thailand dari kekalahan.

Hasil ini menjadi modal bagi Thailand untuk melakoni laga selanjutnya. Mereka akan menghadapi tim juat Jepang pada Senin, 22 Oktober 2018. Pada hari yang sama Irak akan berduel dengan Korea Utara.

Berikut susunan pemain Irak versus Thailand di Piala Asia U-19 2018:

Irak: Haval Bahaalddin; Mohammed Albaqer, Abbas Badeea, Hasan Raed, Ali Raad; Ali Mohsin, Mahdi Hameed, Ahmed Sartip, Moamel Abdulridha; Waka Ramadhan, Hasan Abdulkareem.

Thailand: Nopphon Lakhonphon; Kittipong Sansanit, Kritsada Kaman, Sarawut Munjit, Sampan Kesi; Kittitach Pranithi, Sittichok Paso, Ekanit Panya, Airfan Doloh; Korawich Tasa, Yuthapichai Lertlum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *