Kalah Telak dari Spanyol, Begini Komentar Pelatih Tim Finalis Piala Dunia 2018

Tim nasional Kroasia baru saja memetik hasil minor di pentas UEFA Nations League beberapa waktu lalu. Menghadapi timnas Spanyol, finalis Piala Dunia 2018 ini menyerah dengan skor telak 0-6. Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic pun angkat bicara usai pertandingan.

Dalic mengakui timnya kalah bersaing dengan Spanyol di laga tersebut. Ia mengatakan timnya sudah tak mampu lagi meladeni permainan La Furia Roja sejak mereka kemasukan gol kedua di menit ke-33. Sementara gol pertama lahir di menit ke-24 melalui Saul Niguez. Sedangkan gol kedua dicetak oleh Marco Asensio.

“Setelah gol kedua, kami menyarah dan semuanya telah berakhir. Saya tidak bisa memberi motivasi apa pun kepada semua pemain saat jeda babak pertama,” beber Zlatko Dalic.

Lebih lanjut ia mengatakan dirinya berusaha mengubah strategi di babak kedua. Namun performa timnya tidak banyak berubah. Timnya masih saja bermain seperti di babak pertama. Tak heran mereka akhirnya kemasukan lebih banyak gol di babak kedua.

“Saya mencoba menerapkan hal berbeda pada babak kedua. Namun, kami tetap bermain seperti babak pertama karena strategi tidak berjalan,” lanjutnya.

Selain dua gol itu, Kroasia juga kebobolan di menit ke-35 melalui gol bunuh diri Lovre Kalinic. Di babak kedua, gawang Kroasia dijebol Rodrigo di menit ke-49, Sergio Ramos di menit ke-57, dan Isco di menit ke-70.

Kekalahan ini tentu menjadi pukulan telak bagi Kroasia. Namun begitu Dalic berharap timnya bisa banyak belajar dari pertandingan ini. Ia berharap timnya bisa segera bangkit dan mendapatkan solusi untuk mendapatkan kembali performa terbaik.

“Hal terbaik yang bisa kami lakukan adalah mengucapkan selamat untuk Spanyol. Tidak mudah bagi kami menerima kekalahan dengan skor telak,” lanjut Dalic.

Dalic menegaskan pihaknya harus segera mendapatkan jalan keluar. Tidak ada guna terus terbawa dengan kekalahan ini. Yang terpenting adalah timnya bisa mendapatkan jalan keluar untuk kembali ke permainan terbaik sebagaimana ditunjukkan di Piala Dunia 2018 lalu.

“Kami harus menemukan solusi. Kami tidak bisa hanya duduk dan menangis meratapi ini. Kami akan tetap bekerja,” pungkas Dalic.

Memang diakui permainan Kroasia sedikit menurun setelah kembali dari Rusia, tempat berlangsungnya Piala Dunia 2018. Sebelum menderita kekalahan telak dari Tim Matador, Kroasia gagal mendulang kemenangan saat menghadapi Portugal. Kroasia ditahan imbang jawara Eropa itu dengan skor 1-1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *