Menguasai Pulau Jawa Sama Halnya Menguasai Sepakbola Indonesia

Jawa merupakan kunci untuk memenangi turnamen sepakbola Indonesia, hal itu dapat diamati secara sekilas dengan melihat klub-klub di turnamen level tertinggi. Untuk kompetisi Liga 1 musim ini sana, 8 klub dari 18 tim peserta turnamen asalnya dari Pulau Jawa. Atau dengan kata lain, nyaris setengahnya dari tim peserta liga Indonesia berasal dari Jawa. Dan bahkan Madura United saja yang berbasis di P. Madura, dalam hal administratif ikut kedalam bagian Jawa Timur, membuat total klub dari Jawa di ajang Liga 1 totalnya menjadi 9 klub.

Saat Persib Bandung sukses mengakhiri puasa gelar mereka di ajang Liga pada tahun 2014 kemarin, Persib yang saat itu masih dilatih Djajang Nurjaman memiliki rekor apik melawan klub-klub yang asalnya dari Pulau Jawa. Dalam babak pertama yang terdiri oleh 2 wilayah, di turnamen kala itu ada 12 klub yang asalnya dari Pulau Jawa, dalam keseluruhan 22 klub yang berlaga di 2 wilayah itu.

Berlanjut ke fase 8 besar yang dimana Maung Bandung hanya kalah satu kali saat menghadapi klub rival sekota, yakni Pelita Bandung Raya. Untuk dapat menggapai pertandingan final, Persib juga lebih dulu mengalahkan klub dari Pulau Jawa di babak semi-final, yakni Arema.

Cerita berikutnya seperti yang telah diketahui, bagaimana tembakan Achmad Jufriyanto pada babak adu pinalti jadi penentu berakhirnya puasa gelar selama nyaris 2 dekade.

Di turnamen Torabika Soccer Championship (TSC), total sebanyak 9 klub dari 18 klub peserta. Pakem yang nyaris sama dengan yang sselanjutnya terjadi pada turnamen berikutnya, yakni Liga 1 Indonesia 2017. Dalam kompetisi TSC, Persipura tampil trengginas saat meghadapi klub-klub asal Pulau Jawa. Dalam total 19 kemenangan yang dicetak Persipura di TSC, 11 diantaranya mereka dapatkan saat melawan klub asal Pulau Jawa.

Sedangkan di turnamen musim 2017 kemarin, saat Bhayangkara FC menjadi juara, Mutiara Hitam juga memikiki rekor yang sangat apik saat melawan tim-tim dari Pulau Jawa. Dalam 23 kemenangan yang sukses mereka dapatkan, 10 diantaranya di dapatkan saat melawan klub dari Pulau Jawa, atau sekitarnya.

Dari sejarah. Semenjak unifikasi turnamen di tahun 1995 silam, berlanjut ke turnamen modern di tahun 2008, pemenang liga lebih banyak berasal dari tim-tim yang ada di Pulau Jawa. Dalam 20 kompetisi,12 diantaranya mampu dimenangkan klub-klub dari Pulau Jawa.

Dan jika bisa menang 2 kali baik di tandang maupun di kandang asal klub-klub dari Jawa, sebuah kesebelasan dapat mengumpulkan 54 poin! Benar, cuma dengan mengalahkan klub-klub dari Jawa saja, sebuah kesebelasan dapat mengumpulkan 50 poin lebih. Memang, Jawa merupakan kunci menguasai iIndonesia, bahkan dalam konteks sepakbola sekalipun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *