Sebut Saja Satu Kaki Liverpool Sudah Ada di Perempat Final

Sadio Mane jadi bintang lapangan ketika Liverpool menang atas FC Porto, Kamis, 15 Februari 2018. Pada pertandingan putaran pertama babak 16 besar Liga Champions tersebut, Mane sukses mencatatkan hattrick yang mengantarkan Liverpool memetik kemenangan 5-0. Sedangkan 2 gol Liverpool lainnya diicetak oleh Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

Juergen Klopp pun langsung memberikan pujian terhadap performa Mane. Menurutnya, 3 gol yang dicetak ke jala Porto itu membuat Mane kembali kepada performa terbaiknya. Musim ini, Mane memperlihatkan penurunan produktivitas. Hal itu terekam dengan jelas di Liga Inggris. Sampai berakhirnya matcdhay ke 27, Mane hanya mencetak 6 gol.

Bahkan dalam 4 laga lainnya, Mane tidak satupun menciptakan gol. Berbanding terbail dengan catatannta di Liga Inggris musim kompetisi 2016/17. Dalam 27 laga, Mane sukses mengoleksi 12 gol.

“Saya katakan kepada Mane selepas laga berakhir, ‘kamu akhirnya kembali’  langsung seepas kami berbincang diatas lapangan. Di pertandingan ia memperlihatkan kembali betapa hebatnya Mane. Ia penting untuk tim, bahkan pada momennya yang kurang begitu bagus,” ujar Klopp, dikutip laman resmi Liverpool.

Dengan kemenangan ini, membuat perjalanan The Reds untuk lolos ke fase perempat-final akan semakin mudah. Karena, Liverpool hanya memerlukan hasil seri pada laga putaran kedua yang akan dihelat pada 7 Maret 2018 di Anfield.

Selain itu juga, kemenangan ini menjadikan Liverpool  sebagai klub terproduktif di ajang Liga Champions 2017/18. Dalam 7 laga yang dijalani, Liverpool sudah menciptakan 28 gol, unggul dari Real Madrid dengan 20 gol, Manchester City dengan 22 gol, dan PSG dengan 26 gol.

“Liverpool mengkonfirmasi hal yang kita ketahui mengenai kekuatan para penyerangnya. Liverpool merupakan klub hebat dan wajib ditakuti. Saya pikir mereka bakal lolos ke babak perempat-final dan tidak akan ada satupun klub di Liga Champions yang akan berkata bahwa mereka akan senang saat bertemu dengan Liverpool,” ujar mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand.

Liverpool memang pantas mendapatkan pujian serta apresiasi lantaran ketajaman mereka. Tapi jangan sampai pujian itu justru membuat mereka larut. Jika melaju ke babak perempat-final, Liverpool bakal mendapatkan tantangan yang lebih besar.

Liverpool wajib membuktikan diri kalau mereka dapat bersaing dengan klub-klub papan atas Eropa. Sampai saat ini, Liverpool terlihat kesulitan memetik kemenangan melawan klub besar. Misalnya ketika tampil di babak grup, dalam 6 laga, Liverpool memang tak terkalahkan dengan raihan 3 kali menang dan 3 kali imbang.

Tapi, dari 3 kemenangan yang mereka dapatkan semuanya saat menghadapi klub yang levelnya dibawah mereka seperti Maribor dan Spartak Moskow. Saat melawan Sevilla, tidak satupun kemenangan yang mampu mereka peroleh. Dalam 2 pertandingan menghadapi Sevilla, The Reds hanya bisa mengakhiri laga dengan hasil seri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *