Loris Karius Sudah Sewajarnya Menjadi Kiper Utama Liverpool

Posisi Simon Mignolet menjadi kiper utama Liverpool akhir-akhir ini mulai tergerus oleh Loris Karius. Setidaknya, pada 5 laga terakhir Liga Inggris, posisi kiper inti selalu dipercayakan oleh Karius.

Sebelumnya, pada awal musim ini, Klopp mempunyai kebijakan rotasi dengan menurunkan Karius dan Mignolet secara bergiliran di turnamen berbeda. Mignolet kebagian di ajang Liga Inggris, sedangkan Karius diberikan peluang tampil di kompetisi Liga Champions serta kompetisi seperti Piala FA atau Piala Liga Inggris.

Tapi saat ini kondisi berbalik. Semenjak akhir bulan Desember lalu, Klopp merubah kebijakan dengan Mignolet dimainkan di kompetisi domestik, sedangkan Karius dimainkan di Liga Inggris. Di paruh Januari kemarin, Mignolet pernah menyampaikan keluhannya dengan perubahan kebijakan rotasi.

“Saya pikir itu bukanlah situasi yang sehat bagi seorang penjaga gawang. Saya juga memikirkan masadepan saya pribadi, satu-satunya hal yang dapat saya lakukan ialah fokus ketika latihan dan memberikan yang terbaik untuk klub,” ungkap Mignolet seperti dikutip The Telegraph.

Tapi menurut berita yang berkembang, peluang Mignolet tampil di ajang iga Champions peluangnya juga kecil. Karena, pada pertandingan putaran pertama Liga Champions babak 16 besar melawan FC Porto, Kamis 15 Februari nanti Klopp akan memiih Karius menjadi kiper inti Livepool.

“Jujur saja saya masih belum mempuat pilihan namun bukan situasi seperti dulu. Yang akan bermain adalah yang bagus tentunya. Namun saya masih belum membuat putusan,” ungkap Klopp.

Jika pada laga 16 besar Liga Champions menghadapi Porto, Klopp betul-betul menurunkan Karius sebagai kiper inti, maka hal itu dapat menjadi indikasi tersisihnya Mignolet sebagai penjaga gawang inti Liverpool. Namun keputusan itu  dinilai cukup wajar. Karena Karius sudah memperlihatkan progres yang signifikan ketika mendapat kepercayaan mengawal jala The Reds.

Ketenangan saat situasi one by one serta reflek yang bagus saal menghalau tendangan pemain lawan jadi hal yang menonjol dari perkembangan Karius. Dia mengaku bahwa sekarang ini dia dapat tampil semakin tenang ketika menghadapi situasi sulit. Peluangnya tampil pada 5 pertandingan beruntun di ajang Liga Inggris diakuinya akan membuat penampilannya dapat semakin berkembang.

“Saya masih berusia muda, saya mempunyai banyak pengalaman, namun berbeda bila anda bermain dari pekan ke pekan. Saya juga mulai terbiasa dengan jatah bermain. Hal ini sangat bagus bagi saya,” ungkap Karius dikutip laman resmi Liverpool.

Pada pertandingan menghadapi Tottenha Hotspur contohnya, jala Liverpool mmang kebobolan 2 kali. Namun Karius melakukan 4 super save di laga itu. Bahkan, 2 tendangan pinalti yang didapatkan Spurs, satu diantaranya berhasil dia mentahkan.

Karius memang sudah memperlihatkan kemajuan yang bagus. Saat ini tugasnya ialah terus meningkatkan kemampuan serta sebisa mungkin tampil secara konsisten untuk mempertahankan penampilan impresifnya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *