Timo Horn, Pilihan Menarik Pengganti Peter Cech

Masalah Arsenal saat ini tidak hanya satu. Dari berbagai masalah yang ada, salah satunya ialah kualitas dibawah tiang gawang.  Pada musim kompetisi 2017/18, para fans Arsenal beberapa kali menyaksikan aksi lucu yang diperlihatkan sang kiper utama, Petr Sech.

Saat didatangkan dari Chelsea pada musim 2015, Arsenal berpikir bahwa mereka bakal mendatankan penjaga gawang hebat, tapi nyatanya, penampilan Cech memang terkikis oleh umur. Sekarang usia Cech sudah menginjak 35 tahun,performa penjaga gawang asal Ceko itu juga semakin menurun.

Salah satu ulasan yang memalukan ialah saat dirinya tidak bisa menendang bola dengan bagus pada pertandingan menghadapi Swansea. Seiring waktu berjalan, secara logis penampilan Cech juga tidak akan dapat lebih bagus dari hari ini, dan akan menjadi usaha bunuh diri jika Arsene Wenger masih mempercayakan gawang klubnya pada mantan penjaga awang terbaik dunia tersebut.

Sebetulnya Arsenal masih mempunyai Matt Macey dan David Ospina. Tapi, Ospina mempunyai problem yang tampak dari kemampuan fisik karena posturnya yang sangat pendek untuk seorang penjaga gawang. Mempercayakan Matt Macey jadi kiper inti juga semakin beresiko, menyusul pengalamannya berlaga di level teratas masih sangat minim.

Oleh sebab itu, Wenger harus mencari kiper anyar di jendela transfer musim panas mendatang. Untungnya, ada pilihan menarik dan murah yang dapat dimaksimalkan. Pilihan tersebut ialah Timo Horn, kiper muda berkebangsaan Jerman.

Kpier 24 tahun itu sekarang meembela tim Bundesliga, Koln. Dalam 21 laga yang sudah mereka lakoni, Koln hanya bisa mengoleksi poin 13 serta ada di posisi paling bawah klasemen sementara. Meskipun begitu, bila tidak ada Horn, dapat dipastikan Koln bakal mendapatkan poin yang lebih sedikit.

Di kompetisi Bundesliga musim ini, Horn bisa dibilang menjadi salah satu penjaga gawang terbaik. Sekarang, dia memuncaki daftar penyelamatan terbanyak di ajang Bundesliga dengan 85 save.

Jumlah catatan Horn tersebut bisa mengalahkan beberapa kiper tenar seperti Bernd Leno, Roman Burki dan hanya disamai oleh Jiri Pavlenka milik Werder Bremen. Rataan save per pertandingan Horn juga bagus, dia mampu mencatatkan rataan 2,82 save per pertandingan.

Meskipun menjanjikan, tapi Horn masih mempunyai kekurangan, salah satunya ialah lemah saat menghalau umpan lambung. Dikutip Bild, Horn mempunyai determinasi rendah saat menepis sepak pojok atau umpan silang. Dia juag mempunyai tendensi melakukan tinjuan yang tidak cemerlang saat menghalau umpan lambung.

Menyusul usia serta prospek yang cukup menjanjikan, tentunya Horn dapat menjadi pilihan yang menarik untuk Wenger guna menggeser posisi Cech. Salah satu penyebab utama kenapa Horn pantas diperjuangkan iaah nilai jual yang cukup murah, bahkan sebetulnya sangat murah untuk penjaga gawang sekelasnya.

Dari laman Transfermarkt, nilai Horn hanya 10,9 juta pounds, nilai yang nyaris serupa dengan nilai jual Cech saat direkrut dari Chelsea. Tapi Horn mempunyai klausul pelepasan senilai 5,5 juta pounds jika FC koln akhirnya terdegradasi pada akhir musim nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *