Rincian Transfer Philippe Coutinho Ke Barcelona

Kepindahan Philippe Coutinho dari Liverpool ke Barcelona menjadikan dirinya sebagai pemain termahal kedua di dunia. Nilai transfer Coutinho kalah dari Neymar, Jr, yang didatangkan Paris Saint Germain dari Barcelona yang sebesar 222 juta euro.

Sejumlah sumber menyebutkan jika Barca harus merogoh kocek senilai 143 juta pounds. Tapi sebenarnya nilai transfer Coutinho tak sebesar itu.  Jumlah pasti penjualan Coutinho ke Barca sebetulnya cuma sebesar 105 juta pounds.

Meski begitu, ada sejumlah klausul Liverpool dapat memperoleh dana yang lebih banyak lagi dari Barca. Klausul tersebutlah yang sebetulnya dapat membuat nama Coutinho setara dengan 143 juta pounds untuk The Reds.

Seperti yang dikutip Sky Sports, 35 juta pounds selanjutnya bakal dibayarkan bertahap bila Coutinho mampu memenuhi syarat dari Barcelona. Dari 35 juta pounds itu, tak semuanya pasti didapatkan Liverpool. Boleh dibilang ‘cuma’ 25 juta pounds yang besar kemungkinan dapat diperoleh Liverpool.

Rincian 35 juta pounds itu adalah 4,5 juta pounds setiap kelipatan 26 pertandingan bersama Barcelona sampai total 100 kali laga. Selanjutnya 4,5 juta pounds lain bakal diberikan selama 2 musim beruntun semenjak musim depan bila Barcelona bertanding di babak grup Liga Champions. 4,5 juta pounds lain bari diberikan bila Coutinho sukses membawa Barcelona menjadi juara Liga Champions dalam 5,6 kontraknya bersama Barcelona.

Oleh sebab itu, nilai 143 pounds sebetulnya bukanlah nilai pasti transfer Coutinho ke Barcelona. Sisa 35 juta pounds boleh jadi tak diberikan kepada Liverpool bila Coutinho tak memenuhi syarat diatas.

Contohnya saja Coutinho tiba-tiba hengkang sebelum menorehkan 100 pertandingan bersama Barcelona, atau Coutinho gagal membawa Barca menjadi juara Liga Champions.

Walau demikian, beberapa syarat dan bonus-bonus diatas  yang akhirnya sukses meluluhkan hati Liverpool guna melepas Coutinho. Sebab seperti yang diketahui, sebetulnya Liverpool tak ingin menjual mantan pemain Internazionale Milano itu. Oleh sebab itu mereka pernah menaikkan nilai Coutinho yang rumornya senilai 178 juta pounds.

Namun semenjak Juli 2017 lalu Barca memang serius ingin merekrut Coutinho, terutama selepas Neymar memilih bergabung dengan PSG. Awalnya penawaran Barcelona cuma di kisaran 127 juta pounds. Untuk Liverpool jumlah itu masih belum cukup meyakinkan mereka supaya menjual Coutinho.

“Bukan menjadi rahasia bila Coutinho ingin pindah semenjak Juli lalu, saat Barcelona datang dengan tawaran pertamanya. Coutinho langsung berbicara kepada rekan-rekannya, pemilik klub, dan saya sendiri bahwa dia sangat ingin bergabung dengan Barcelona. Di sisi lain, kami terus berupaya mempertahankannya,” ungkap Juergen Klopp.

“Yang ingin saya sampaikan pada para fans Liverpool ialah bahwa kami, sudah melakukan semua cara untuk dapat membujuk Coutinho supaya tetap menjadi bagian Liverpool. Namun ia yakin 100 persen perihal masadepannya, dan juga beserta keluarganya, jika mereka bakal terbang ke Spanyol,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *